top of page
Search
Writer's picturesouvenir specialist

Kenali Teknik Percetakan yang Banyak Digunakan Usaha Souvenir

Sebelum memilih souvenir, pastikan Anda sudah mengetahui alat-alat dan bahan baku yang diperlukan dalam mencetak souvenir.


Ada beragam metode yang digunakan dalam mencetak souvenir, dan memilih metode yang sesuai memiliki peran yang sangat penting karena teknik percetakan merupakan seni dalam menciptakan suatu karya souvenir.


Berikut adalah beberapa teknik percetakan yang banyak digunakan dalam mencetak souvenir:


1. Sablon (Screen Printing)

Metode ini menggunakan sebuah layar (screen) yang diberi pelapis berbahan foto sensitif. Bagian yang tidak ingin dicetak dihalangi oleh area foto sensitif, sehingga cat atau tinta hanya akan melewati area terbuka. Cocok untuk mencetak pada permukaan datar seperti kaos, tote bag, dan benda-benda datar lainnya.


2. Percetakan Digital (Digital Printing)

Metode ini mirip dengan printer inkjet yang digunakan pada kertas, tetapi diterapkan pada permukaan berbagai jenis benda seperti mug, mousepad, dan lainnya. Cocok untuk cetakan yang tidak memerlukan jumlah besar atau memiliki desain yang berbeda-beda.


3. Embossing dan Debossing

Teknik ini menciptakan tampilan timbul (emboss) atau tenggelam (deboss) pada permukaan benda dengan memberikan tekanan pada bahan. Cocok untuk menciptakan efek tampilan yang elegan pada benda-benda seperti jurnal kulit, map, dan sejenisnya.


4. Laser Engraving

Dengan menggunakan sinar laser, gambar atau teks dapat diukir pada permukaan benda seperti logam, kayu, kaca, atau plastik. Cocok untuk souvenir yang mengutamakan kesan mewah dan tahan lama.


5. Pad Printing

Teknik ini umumnya digunakan untuk mencetak pada permukaan berbentuk tidak rata atau sulit dicapai, seperti pada bola golf, pensil, atau benda dengan permukaan melengkung.


6. Cetak Sublimasi (Dye Sublimation)

Metode ini melibatkan transfer gambar dari cetakan kertas khusus ke permukaan benda dengan bantuan panas dan tekanan. Cocok untuk mencetak pada bahan seperti pakaian olahraga dan benda lain yang terbuat dari bahan polyester.


Setiap teknik memiliki kelebihan dan kelemahan tergantung pada jenis benda yang akan dicetak, desain yang diinginkan, dan jumlah yang diperlukan. Pemilihan teknik percetakan yang tepat akan memastikan hasil akhir yang memuaskan pada souvenir yang Anda produksi.


Untuk konsultasi teknik percetakan yang sesuai kebutuhan souvenir Anda, tanyakan pada ahlinya disini.

6 views0 comments

Comments


bottom of page