top of page
Search
Writer's picturesouvenir specialist

Ini Dia Keuntungan Melakukan Frugal Living!



Belakangan ini sempat viral video konten kreator Tiktok yang menerapkan pola hidup frugal living. Kreator tersebut sejatinya menuai pro dan kontra dari netizen yang turut berkomentar dalam video tersebut.


Istilah frugal living dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai "gaya hidup hemat" atau "hidup dengan hemat." Ini mengacu pada gaya hidup di mana seseorang berusaha untuk mengelola uang, sumber daya, dan pengeluaran dengan hati-hati dan ekonomis. Tujuan utama dari gaya hidup hemat adalah untuk hidup sesuai dengan kemampuan finansial, mengurangi utang, dan meningkatkan tabungan.


Gaya hidup frugal living juga disertai dengan berbagai strategi dan kebiasaan, seperti:


1) Melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran

2) Memangkas pengeluaran yang tidak perlu, seperti makan di luar atau impulsive buying

3) Membandingkan harga untuk mendapatkan harga dengan kualitas terbaik

4) Sadar tentang penggunaan energi, konsumsi air, dan sumber daya lainnya untuk mengurangi tagihan utilitas dan dampak lingkungan

5) Melakukan DIY daripada menyewa jasa atau membeli produk jadi


Beberapa tokoh dunia yang telah melakukan pola hidup frugal living diantaranya Warren Buffett, Mark Zuckerberg, Elon Musk, Oprah Winfrey, dll.


Lantas apa benefit dari frugal living? Simak pembahasan di bawah ini ya!


1) Keuangan yang lebih stabil

Salah satu manfaat dari frugal living adalah mencapai stabilitas keuangan. Dengan mengelola pengeluaran dengan hati-hati, membuat anggaran, dan menabung, kamu dapat menghindari utang dan membangun dasar keuangan yang kokoh.


2) Dapat pensiun dini

Gaya hidup hemat dan bijaksana dalam mengelola keuangan, dapat membantu seseorang mencapai pensiun dini dengan cara meningkatkan tabungan, mengurangi hutang, dan memperpanjang daya tahan dana pensiun. Dengan hidup hemat, seseorang dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk ditabung atau diinvestasikan sehingga dapat mencapai kebebasan finansial lebih awal dan memutuskan untuk pensiun lebih cepat jika diinginkan.


3) Mengurangi stress tentang keuangan

Dengan mengadopsi gaya hidup hemat, kamu cenderung mengurangi pengeluaran dan menghemat uang. Ini berarti kamu memiliki lebih banyak uang yang tersedia untuk membayar tagihan, mencicil hutang, atau menabung. Dengan mengurangi beban keuangan, kamu dapat merasa lebih tenang dan kurang stres tentang kemampuan Kamu untuk memenuhi kewajiban keuangan.


4) Mengurang dampak negatif bagi lingkungan

Frugal living membantu mengurangi limbah dan penggunaan sumber daya alam dengan menghindari pemborosan dan praktik daur ulang. Penghematan energi dan pilihan transportasi ramah lingkungan dalam frugal living berkontribusi pada pengurangan emisi gas rumah kaca. Dengan mengurangi penggunaan plastik dan kemasan sekali pakai, frugal living membantu mengurangi polusi plastik dan dampak negatifnya pada lingkungan.


Sekian pembahasan mengenai frugal living, apakah kamu tertarik untuk mencoba pola hidup ini? Silahkan komen dan share artikel ini ke teman-teman kamu ya!


Untuk artikel-artikel menarik lainnya silahkan klik link berikut - https://www.828souvenirspecialist.com/blog


6 views0 comments

Comments


bottom of page